Heboh, Ada Kepala Daerah di Kalbar Kena OTT KPK


Screenshot berita online yang memuat OTT KPK
Tiba-tiba grup wartawan heboh sekitar pukul 20.30. Ada sebuah screenshot berita media online terkenal di-share oleh seorang wartawan. Isinya, ada seorang Bupati di Kalbar kena Operasi Tangkap Tangan (OTT) KPK. Sontak heboh. Namanya juga wartawan, tak mau begitu saja percaya. Benarkah sumber beritanya.

Siapa nama Bupati dimaksud? Maaf kawan-kawan, sengaja tak saya sebutkan. Tapi, cepat atau lambat, screenshot berita OTT bakal masuk ke Hp kalian. Sengaja tak sebutkan juga untuk menjaga etika dan marwah Bupati dimaksud. Iya kalau benar, tak masalah. Pasti heboh. Kalau salah, saya juga yang malu.

Saya pun mencoba mencari di google. Juga membuka media onlinenya. Menggunakan search engine, tak ada kata menunjukkan adanya berita OTT tersebut. Artinya, memang tidak ada berita dalam screenshot tersebut.

Ternyata, bukan hanya saya, kawan-kawan jurnalis lain juga mencari. Semua nihil. Bisa dipastikan, screenshot tersebut hoax. Saya tak bisa bayangkan bila sang Bupati mendapat kiriman tersebut. Begitu juga dengan para pendukungnya, pasti marah. Sebuah fitnah keji sedang menghantamnya.

Begitulah bila wartawan bila mendapatkan sebuah informasi penting. Tidak langsung percaya. Segala sumber dicari untuk membuktikan bahwa berita itu benar atau hoax. Proses check and recheck selalu dilakukan demi menjaga sebuah kebenaran. *



SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

Menangkap Kejadian - Memberi Makna Hidup

0 Response to "Heboh, Ada Kepala Daerah di Kalbar Kena OTT KPK"

Post a Comment