Mahasiswa UNU Kalbar Diajarkan Public Speaking dan Bisnis

Warek IV Romawi Martin (tengah) saat mendampingi dosen UNU Kalbar melaksanakan PKM

Peniraman
- Banyak masalah diakibatkan salah bicara. Namun, banyak juga masalah bisa diselesaikan dengan bicara. Inilah pentingnya public speaking (cara bicara di depan umum). Keterampilan public speaking ini diajarkan untuk mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Kalimantan Barat.

Selain diajarkan public speaking, mahasiswa juga diajarkan cara berbisnis dan digital marketing. Tiga komponen tersebut menjadi sangat penting untuk dikuasai mahasiswa agar nanti bisa bersaing di dunia kerja.

Semua itu diajarkan dalam Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi UNU Kalbar di Pondok Pesantren Darut Tolibin Peneriman Pinyuh Kabupaten Mempawah, 12 Desember 2020. Pesertanya santri dan mahasiswa UNU Kalbar.

“PKM kali ini berjalan lancar dan sesuai rencana. Ada tiga pemateri yang sangat pakar di bidangnya. Harapan kita, mahasiswa maupun santri yang mengikuti kegiata ini bisa menambah ilmu tentang public speaking dan bisnis,” kata Dekan Fakultas Ekonomi UNU Kalbar, Mazayatul Mufrihah MM, Kamis (17/12/2020).

Dosen UNU Kalbar bersama peserta PKM

Materi tentang public speaking disampaikan oleh Muhammad Aqmal Nurcahyo M Pd. Sedangkan Prilaku Bisnis disampikan Yuni Firayanti MM. Sementara untuk materi Digital Marketing disampaikan Syarif Muhammad Syaifuddin MM. Tidak kurang 100 peserta mengikuti acara tersebut. Dari pukul 10.00 sampai 12.00 WIB acaranya.

Ketua Program Studi (Prodi) Manajemen, Ahmadi MM menambahkan, PKM ini sebagai wujud pengabdian civitas akademika kepada masyarakat. Seorang dosen tidak hanya mengajar atau transfer ilmu, melainkan juga harus melakukan pengabdian pada masyarakat. Selain itu, wajib melakukan penelitian.

“Inilah yang dinamakan Tridharma Perguruan Tinggi. Prodi Manajemen rutin melakukan PKM. Seluruh dosen dari Prodi Manjemen ikut serta. Semoga tahun depan PKM lebih berkualitas lagi,” harap Ahmadi yang baru saja dilantik sebagai Kaprodi Manajemen.

Kegiatan PKM yang dibungkus dengan Kuliah Umum itu dibuka langsung oleh Wakil Rektor (Warek) IV UNU Kalbar, Dr Romawi Martin. Dia menginformasikan, tahun 2021 UNU Kalbar akan membangun Rumah Susun Mahasiswa (Rusunawa). Bila ini sudah dibangun nanti, tentu sangat memudahkan bagi mahasiswa dari daerah kuliah di UNU. “Tidak perlu lagi mencari kost, cukup di Rusunawa,” katanya. (ros)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

Menangkap Kejadian - Memberi Makna Hidup

0 Response to "Mahasiswa UNU Kalbar Diajarkan Public Speaking dan Bisnis"

Post a Comment