Kolaborasi KKN dan KKN ala UNU Kalbar


Sungai Raya – Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Kalbar kali ini sedikit berbeda. KKN digabung dengan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Lima desa dijadikan lokasi kegiatan KKN dan PM ini, yakni tiga desa di Kabupaten Kubu Raya dan dua desa di Kabupaten Sanggau.

“UNU kalbar untuk ketiga kalinya menyelenggarakan KKN. Kali ini bersamaan dengan Pengabdian (PKM) dosen pada semester ganjil 2020-2021. Kegiatan tersebut diilaksanakan selama 1 bulan dari  16 Januari – 16 Februari 2021,” kata Ketua Lembaga Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) UNU Kalbar, Sigit Normagiat, Minggu (28/2/2021).

Ditambahkannya, peserta KKN diikuti 54 mahasiswa semester 7 dari 10 prodi di UNU Kalbar. Kelompok KKN ditempatkan di lima lokasi. Tiga diantaranya di Kabupaten Kubu Raya tepatnya di Desa Permata Kecamatan Terentang, Desa Sungai Ambangah Kecamatan Sungai Raya, dan Desa Punggur Kapuas Kecamatan Kakap.

“Dua lokasi lainnya berada di Kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggau. Pada KKN kali ini format yang ditawarkan berbeda dari tahun sebelumnya, di mana mahasiswa berkolaborasi dengan dosen memberi kontribusi penerapan IPTEK kepada masyarakat,” jelas alumni UGM Yogyakarta ini.

Lanjut Sigit, kegiatan pengabdian sudah menjadi kewajiban bagi sivitas akademik termasuk dosen dan mahasiswa. Kegiatan KKN umumnya dilaksanakan oleh mahasiswa  dan dosen hanya sebagai pembimbing. Namun, pada kesempatam KKN ini dosen juga ikut terjun langsung sebagai narasumber untuk melengkapi kegiatan yang sudah diprogramkan oleh mahasiswa.

“Kolaborasi antara dosen memang disyaratkan oleh BAN-PT  untuk mendongkrak nilai akreditasi UNU kalbar kedepannya.  Beberapa program yang diberikan ke masyarakat meliputi berbagai pelatihan tentang pertanian, ekonomi kreatif, pengelolaan lingkungan dan pendididikan,” tambah Sigit.

Vikri Manggala mahasiswa prodi Manajemen Sumberdaya Perairan yang merupakan salah satu ketua kelompok KKN mengaku, dengan adanya keterlibatan dosen membuat peserta KKN lebih bersemangat dan percaya diri dalam melaksanakan kegiatan yang telah diprogramkan. Bahkan Ketua LPPM yang menjadi pembina kegiatan pengabdian ikut terjun langsung memberikan kontribusi melalui pelatihan pengendalian patogen tular tanah pada Budidaya Jahe di Desa Permata Kecamtan Terentang.

Di lokasi lain  Adha Maulana MT, dosen dari Prodi Sistem Informasi melatih guru-guru sekolah dasar pemanfaatan aplikasi pembelajaran daring guru sekolah di Kecamatan Kapuas Sanggau. Tidak mau ketinggalan dosen muda dari teknik lingkungan Rizqy Fahria MT memberikan pelatihan tentang pengolahan limbah kandang kambing menggunakan Black Soldier flies (BSF). Ada pula dosen dari Pendidikan Matematika memberikan pelatihan media pembelajaran matematika bebasis SOM (Screen cast O Matic).

“Diharapkan setelah kegiatan KKN tuntas dilakukan pada 16 Februari 2021 yang lalu, bisa membuka peluang terjalinnya kerjasama UNU Kalbar dengan masyarakat. melalui lembaga pendidikan, unit usaha, maupun perintahan desa. Dengan begitu, cita-cita yang tertuang dalam visi UNU Kalbar berani berkarya dan berkontribusi untuk pengembangan SDM dan kesejahteraan masyarakat dapat benar-benar terwujud,” harap Sigit. (ros)

 

 

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

Menangkap Kejadian - Memberi Makna Hidup

0 Response to "Kolaborasi KKN dan KKN ala UNU Kalbar"

Post a Comment